Total Pageviews

Monday, March 2, 2020

Normalisasi, Naturalisasi dan Virus Corona

Normalisasi, Naturalisasi dan Virus Corona.
Oleh: Ari Hayati Daud, S.I.Kom

Hilir Mudik info Virus Corona 2019-2020 ini mengalahkan berita apapun. Meski ada wabah baru bernama Ross River Di tetangga kita, Australia-pun ga menggeser si CoVid 19 di rating berita tertinggi diminati, dicari dan ditakuti masyarakat luas.


Masker habis dan mahal, ada Cina-Indonesia yg berusaha meredam ketakutan meluas dengan memberi tips antisipasi seperti pembuatan masker dari tisu basah
(setelah ini tisu basah yg habis di pasaran ? Ngga insyaAllah ya guys) Ada yg share shalawat khusus hadapi Corona ini, ada yg share doa Rasulullah saw. Alhamdulillah ga semua panik hadapi ini.

Ada juga yg menghimbau untuk tidak mendramatisir situasi di Arab Saudi, agar situasi di Indonesia tidak terlalu mencekam. Menurut saya ada benarnya juga tulisan Mba itu, karena ada saatnya masjid-masjid dibersihin, dan juga ada masanya Makkah disterilkan dari pengunjung untuk menyambut para jamaah haji yang akan datang.



Ada juga yang share untuk tetap tenang karena kita negara beriman yg memiliki banyak air dan berwudhu minimal 5 kali sehari, so kita bisa steril dari virus ini insyaAllah. Asal kuat shalatnya begitu kira kira ya, tapi jgn lupa kita juga ada musim pancaroba dan hujan yg ga semua masyarakat antibodinya kuat dan bagus.

Well, sangat informatif dan manfaat karena kita perlu ketenangan dalam menghadapi situasi sesulit dan sebahaya apapun, tapi juga jangan terlalu tenang atau terkesan lelet.

Tapi ketenangan warga jadi kebahagiaan tersendiri karena rasa bahagia dapat pula meningkatkan ANTIBODI alami selain dari Makanan sehat yg ga kalah penting selain kebersihan itu.

Mungkin pemerintah perlu juga memberikan insentif bagi yg ingin mengunjungi keluarganya dalam menyambut Ramadhan tahun ini agar bahagia dan meningkatlah antibodi tubuh masyarakat indonesia? ๐Ÿ˜Sebagaimana Jepang pun memberikan insentif bagi warganya yg mengalami kemerosotan ekonomi karna dampak virus ini?

๐Ÿ˜‰ Atau memberi perhatian ke Pertanian dan para petani lokal agar dapat meningkatkan produksi pertaniannya dan membantu mereka memproduksi buah, sayur dan segala jenis Protein agar mudah didapat dan harga jual tidak tinggi hingga rakyat mudah mengkonsumsi nya untuk menyambut  Rajab-Syaban-Ramadhan-Syawal, agar siap kuat menghadapi Corona dan menghadapi Bulan Puasa untuk beribadah ?

Dilin pihak, Gub DKI ramah itu menepiskan polemik banjir dengan mengambil momen bantuan untuk korban Corona.

Juga ada Singapura yg mengatasi wabah dunia ini dgn mempersulit siapapun masuk ke wilayahnya. Jadi dengan cara mengisolasi negaranya bukan mengisolasi yg terkena virus saja. Bahkan yg cuma demam pun ga boleh masuk Singapura baik itu jalur darat, udara, maupun laut, dan juga rajin membersihkan negara mereka.

Keren ya? Ngga juga menurutku. Itu normal sih, kehati hatian, bagian usaha dan kewaspadaan. Memang dari dulu Singapura negara bersih kan, dengan adanya ini jadi semakin bersih aja. Kita kan disuruh usaha dulu baru tawakal.

Bahkan ada isu bahwa Pajo dibayar 72M utk redam isu korona diindo. Piye iki? Ga disalahin sih yg nebar isu itu karna sampe detik ini belum ada berita viral dari Kemenkes Indonesia atau pihak penting berwenang lain berupa himbauan, arahan, saran dll. Atau mungkin saya aja yg sibuk di rumah ga sempat dapat info nya guys?

Tapi jgn merepet dulu, Mesir juga ajaib bin ok loh antisipasi-solidaritas nya dalam menangani kasus ini yaitu dgn mengirimkan bantuan ke Cina. Hehehe. Iya, Menkes Mesir ke Cina ngirim bantuan. Hal ini juga saya paham kok, karna in ahsantum ahsantum lianfusikum atau Help everyone and everyone will help you.

ุงู„ุญูƒู…ุฉ: ูƒُู† ุนูˆู†ุงً ู„ู„ุฌู…ูŠุนِ ูŠูƒู† ุงู„ุฌู…ูŠุนُ ุนูˆู†ุงً ู„ูƒ

Tunggu dulu, ini gambar screenshot tips herbal anti virus corona. Bisa juga jadi ladang bisnis nih untuk memperkuat sektor pertanian indonesia, mengalirkan aliran air banjir untuk meningkatkan produksi rempah indonesia misalnya. 


Apapun usaha kita, semua akan mendapat pahala dan kebaikan masing masing, sekarang bulan Rajab, bulan di mana kebaikan ditanam lalu disirami (konsistensi) di bulan Syaban dan menuai buahnya di Ramadhan.

Atau, Pajo kita bisa membuka perlombaan diseluruh Wilayah Indonesia untuk menulis Tips sesuai bidang mereka terkait menghadapi Virus Corona ini dan diberikan insentif khusus atau hadiah hadiah besar ?

Memang sih, jujur aja saya pun mengharapkan Para pemegang kebijakan kita segera mengeluarkan himbauan antisipasi dan hal hal penting terkait ini dari berbagai aspek.

Setelah itu seluruh profesi di Indonesia akan bergerak cepat menanggapi perintah dan arahan tersebut, sebagaimana negara negara oranye-merah yaa warna apapun itu dengan tingkat kematian virus corona yg tinggi, yg telah mewaspadai virus ini dengan cepat dan sinergis.

Ga lupa pula belajar dari negara lain yg telah mendapat antisipasi pada korban untuk penyembuhan dan berhasil.

Ayo, ini himbauan untuk bekerjasama dan pentingnya Kerja Tim agar hidup tetap stabil dinamis sehat dan jgn lupa bahagia !

Mari meningkatkan dan meluaskan POV kita sebelum menulis agar Indonesia semakin Maju dan Sinergis. Hormat dan sayang saya untuk seluruh Warga Negara Indonesia dimanapun berada. Terimakasih.

#KomunikasiKesehatan #RitmeKomunikasiPolitik

7 comments:

  1. Sholawat dan doa anti virus corona ada juga ya ternyata, simpan lah hihi,btw memang seharusnya masyarakat tidak perlu panik ttg Corona ini yang penting tetap jaga kesehatan dan kebersihan diri juga lingkungan, ya kan kak :)

    ReplyDelete
  2. Yang penting selalu jaga kesehatan aja, supaya kalau terjadi sesuatu yang genting bisa menyelamatkan diri dengan baik., Tetap waspada saja

    ReplyDelete
  3. Suka gemes sama perilaku orang yang hobi nimbun. Gak ngerti lah kayak mana enaknya mencari keuntungan dibalik kesusahan orang lain..

    Ada pula sekarang hobi borong barang. Yang budgetnya cukup buat makan sehari-hari mana mungkin ngikutin kayak gitu..

    ReplyDelete
  4. Sekarang orang rajin cuci tangan dan segan saling bersentuhan, takit virus hahaha

    ReplyDelete
  5. Untuk saat ini sebisa mungkin gak banyak pergi ke titik keramaian dan menjaga imunitas tubuh keluarga menjadi ikhtiar bagi keluarga kami

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah seminggu ini repeat terus air rebusan kunyit, serai n jahe. Btw ada yg baru lg ya, Ross River. Bahas lg Kak ttg itu, hehe...tfs yaa

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya kak, Sekarang perbanyak doa dan lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus tersebut menegenai diri kita dan keluarga kita.

    ReplyDelete

Arahan Prof Di Mesir menghadapi Corona

Arahan Medis al-Murobbiy Prof. Dr. dr. Syaikh Yusri menghadapi virus Corona  ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู… Tulisan ini diterjemahkan Oleh Ustdh...